Selasa, 26 April 2011

SEBUAH PERUBAHAN MENUJU KEDEWASAAN BERSIKAP DAN BERFIKIR

Judul yang cukup panjang dan penuh tanda tanya, pertanyaan mengenai kenapa saya memberi judul tulisan saya ini dengan “Sebuah Perubahan Menuju Kedewasaan Berfikir dan Bersikap”. Sebuah perubahan terhadap apa saja dalam hidup kita sangat mungkin terjadi, perubahan tersebut semata-mata tidak hanya untuk melepaskan diri kita dari belenggu atau penjara masa lalu. Perubahan juga memungkinkan kita untuk memetakan masa depan (meski semuanya sudah ditakdirkan Allah bagi umatnya), tidak ada salahnya kita tetap berusaha untuk mencoba memperbaiki masa depan kita.

Banyak orang bilang bahwa masa lalu adalah sejarah, dan bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Pernyataan tersebut memang benar adaya, tetapi kita harus ingat, bahwa masa lalu cukup kita jadikan pelajaran saja, bukan kita sesali apalagi kita ratapi dan terpenjara dengan masa lalu kita. Yang harus kita lakukan sekarang adalah bagaimana caranya kita bisa memperbaiki masa depan kita tanpa melupakan masa lalu kita.
Kedewasaan berfikir dan bersikap lahir dan tumbuh dari masa lalu yang kita alami, pembelajaran-pembelajaran dari masa lalu itulah yang seharusnya bisa kita ambil sebagai pelajaran untuk menuju kedewasaan berfikir dan bersikap. Bahkan ketika suatu saat apa yang kita hadapi tidak seperti apa yang kita rencanakan kadang membuat hati kita, semangat kita, dan cita-cita kita rapuh.
Tidak perlu menceritakan kepada orang lain apa yang sudah kita lakukan untuk memperbaiki masa depan kita secara berlebihan, dan jangan menyalahkan keadaan ini karena apa yang kita peroleh adalah apa yang kita tanam di masa lalu. Rezeki, harta, keluarga, pekerjaan hanyalah titipan Allah kepada manusia. Allah dapat mengambil semua itu dengan sangat cepat tanpa bisa kita bayangkan. Hidup ini tidak akan berakhir hanya karena apa yang terjadi sekarang tidak seperti apa yang kita rencanakan, dan sekali lagi jangan menyalahkan keadaan.
Waktu masih terus berputar, jangan menyerah, jangan mengeluh, dan jangan berhenti berusaha. Tetap semangat untuk sebuah perubahan menuju kedewasaan berfikir dan bersikap demi memperbaiki masa depan.

1.Tapi kadang bagi sebagian orang mereka hanya sekedar menjalani, tanpa mengerti pembelajaran akan makna dari sejarah yang telah mereka lalui…bahkan tanpa berpikir tentang lukisan apa yang akan mereka gambar untuk masa depan…
Atau mungkin mereka terlalu keras hati untuk belajar?
Tentang makna sejarah, tentang masa depan, tentang kedewasaan, tentang perubahan…Manusia hanya berusaha, Allah yang menentukan segalanya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar